Kenali Jenis Luka dan Cara Pengobatannya dengan Menyimak Ulasan Berikut Ini!

Luka sering kali dialami oleh seseorang tanpa kesengajaan, misalnya saja terjatuh, terpeleset, tergelincir dan masih banyak lagi lainnya. Ini merupakan sakit yang sangat umum ketika terjatuh tetapi tetap memerlukan perawatan yang khusus. Banyak sekali orang yang menyepelekan luka pada kulit sehingga berakibat buruk kedepannya yaitu infeksi. Jika sudah seperti itu pasti perlu perawatan secara khusus dari dokter dengan biaya yang tidak sedikit. Makanya sebelum terlambat Anda harus paham arti penting perawatan pertama pada luka kulit.

Sebelum Anda mengetahui cara pengobatan luka secara tepat, ada baiknya mengenal jenis luka berdasarkan dari penyebabnya yaitu:

  • Luka sayat.

Ini merupakan jenis luka yang cukup sering dirasakan oleh masyarakat akibat penggunaan pisau, terkena pecahan kaca ataupun jenis lainnya. Luka yang muncul tidak terlalu besar atau lebar, bisa gunakan Hansaplast yang ada antiseptic sebagai penutup luka tersebut.

  • Luka robek.

Lebih parah dari pada jenis luka sebelumnya, ini merupakan luka yang dapat mengakibatkan pendarahan cukup hebat. Banyak hal yang bisa menyebabkan masalah luka tersebut muncul, salah satunya penggunaan pisau yang kurang berhati-hati.

  • Luka tusuk.

Dari namanya saja pasti sudah dapat membedakan jika jenis luka ini diakibatkan oleh benda asing yang masuk kedalam kulit. Jadi apapun benda yang runcing dan bisa menyebabkan tusukan seperti paku, pisau dan masih banyak lagi.

  • Luka terkelupas.

Rasa sakit dari jenis luka ini tidak bisa dihindarkan, jika terjadi pada anak-anak pasti akan rewel dan menangis kesakitan. Ya, ini merupakan jenis luka yang pada bagian jaringan kulit mengelupas.

Nah, diatas merupakan beberapa jenis luka yang sering dialami oleh masyarakat secara luas baik anak-anak maupun dewasa. Untuk orang dewasa mungkin lebih bisa menahan rasa sakit tersebut, berbeda dengan anak-anak. Makanya atasi luka lecet pada anak dengan cepat, tepat dan benar supaya tidak menimbulkan tangisan yang terlalu lama. Pertama bersihkan terlebih dahulu dari kotoran, kemudian berikan antiseptic dan tutup luka menggunakan kapas serta perekat supaya mempercepat penyembuhannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *