Ternyata Ini 6 Penyebab Utama Haid Tidak Lancar

Waspada! Ini Dia Penyebab Haid Tidak Teratur

Haid atau menstruasi pasti dialami oleh wanita setiap bulannya karena sel telur yang tidak dibuahi sehingga dinding rahim akan luruh dan keluar dalam bentuk darah dari tubuh Anda lewat vagina. Umumnya, menstruasi akan terjadi selama 7 hari dan siklus menstruasi perempuan normal rata-rata adalah 21-35 hari. Namun, walaupun begitu, tidak semua wanita memiliki siklus haid yang lancar dan teratur. Terdapat beberapa faktor haid tidak lancar yang harus Anda ketahui.

Pertama adalah menopause. Wanita yang mendekati masa menopause, biasanya di akhir usia 40an, akan mengalami menstruasi yang tidak lancar. Hal ini disebabkan karena hormon estrogen dan juga progesterone yang ada di dalam tubuh menjadi tidak teratur sehingga menstruasi juga tidak lancar. Kedua adalah karena kehamilan. Banyak yang mengira jika flek yang terjadi saat hamil disebabkan karena menstruasi yang terhenti atau terlambat. Jika terjadi flek secara terus menerus, maka Anda sebaiknya segera ke dokter untuk tes kehamilan atau USG.

Ketiga adalah penggunaan alat kontrasepsi. Ternyata penggunaan alat kontrasepsi seperti pil kb ataupun IUD atau spiral membuat flek diantara siklus menstruasi. Spiral sendiri bisa menyebabkan darah yang keluar ketika menstruasi lebih banyak dan juga terjadi kram atau nyeri perut saat menstruasi. Akan tetapi jika mengkonsumsi pil kb, maka darah yang keluar akan sedikit terutama di awal penggunaan pil KB walaupun hal tersebut akan berhenti setelah Anda menggunakannya beberapa bulan setelahnya.

Penyebab perut kram pada wanita yang umumnya disebabkan karena haid tidak lancar, disebabkan juga karena hal ini:

  • Pola hidup sehari-hari yang tidak sehat. Bisa jadi karena anda melakukan olahraga yang terlalu berlebihan, stress ataupun mengkonsumsi makanan berlebih sehingga menyebabkan obesitas.
  • PCOS atau sindrom ovarium polikistik merupakan gejala terbentuknya kista kecil di bagian dalam indung telur. Penyakit tersebut menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang dimana testosteron akan meningkat melebihi normal. Karena hal tersebut wanita yang mengalami PCOS bisa tidak menstruasi atau darah yang keluar saat mens, lebih sedikit dibandingkan biasanya.
  • Ketidakseimbangan hormon tiroid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *